Beranda Nasional Hari Hutan se-Dunia, Dedi J Bersama Aktivis Lingkungan Tanam Pohon

Hari Hutan se-Dunia, Dedi J Bersama Aktivis Lingkungan Tanam Pohon

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Memperingati Hari Hutan se-Dunia, puluhan aktivis lingkungan dari organisasi Pelestari Alam Indonesia (PAI) dan SOG Rescue melakukan aksi penanaman bibit pohon di sejumlah lahan kosong di areal sekitar gerbang Tol Cipali Subang, Sabtu (31/3/2018).

Aksi tanam pohon dihadiri langsung oleh Penasehat Pelestari Alam Indonesia (PAI) yang juga Calon Bupati (Cabup) Subang nomor 3, Dedi J.

Bahkan, Dedi J yang pada Pilkada 2018 ini berpasangan dengan Cawabup Budi Setiadi, turut menanam bibit pohon.

Koordinator Pelestari Alam Indonesia (PAI), Mumuh, mengatakan, aksi tanam pohon yang dilakukan di lahan kosong sekitar gerbang masuk Tol Cipali Subang, sangat strategis, agar kawasan tersebut terlihat asri dan nyaman di mata masyarakat, terlebih bagi masyarakat luar kota.

“Gerbang Tol Cipali di kawasan Cilameri ini ibarat etalase atau ‘muka’nya Subang. Orang-orang dari berbagai daerah bahkan luar negeri keluar-masuk di gerbang tol Cilameri. Jadi, sangat signifikan jika ditanam banyak pohon agar tampak asri, hijau, teduh. Sehingga tamu-tamu luar daerah nyaman berkunjung ke Subang,” ujarnya, didampingi Ketua SOG Rescue, Nano Hermanto.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menanam sekitar 38 bibit pohon beringin Australia hasil budidaya. Aksi tanam pohon ini merupakan yang kesekian kalinya, setelah sebelumnya melakukan penanaman di berbagai lokasi, di antaranya di areal lahan kritis sekitar Situ Nagrog Saradan Kecamatan Pagaden.

Pihaknya, juga mengapresiasi keterlibatan Dedi J selama ini yang berperan aktif dalam aksi-aksi pelestarian lingkungan hidup, seperti kegiatan penanaman pohon ini.

“Pak Dedi J ini punya komitmen bagus dalam melestarikan lingkungan, beliau konsen di bidang lingkungan hidup. Karena itu, kami optimistis, visi, misi dan program yang diusung beliau bersama Pak Budi Setiadi bisa mewujudkan Subang terpandang,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua SOG Rescue, Nano Hermanto, jika sosok Dedi J bisa diandalkan sebagai pemimpin yang punya tekad kuat, dalam upaya melestarikan lingkungan hidup dan menjaganya dari segala upaya merusak.

“Kami benar-benar mengapresiasi komitmen Pak Dedi J dalam pelestarian lingkungan. Subang saat ini banyak berdiri industri, sehingga diharapkan lingkungan tetap terjaga, udara tetap bersih melalui banyaknya penanaman pohon, jangan sampai kehadiran industri menghilangkan pepohonan,” imbuh Nano.

Dedi J: Aksi Tanam Pohon harus Kontinyu

Sementara itu, Cabup nomor 3, Dedi J, menyambut positif kegiatan tanam pohon tersebut. Menurut dia, aksi tanam pohon merupakan hal vital sebagai upaya antisipasi kerusakan atau pencemaran (polusi).

“Keberadaan pepohonan ini sangat penting untuk menghasilkan udara segar dan sejuk, juga mengatasi polusi udara serta kerusakan lingkungan lainnya. Bagaimanapun, udara segar, oksigen, adalah kebutuhan primer manusia dan makhluk hidup lainnya,” tutur Dedi J.

Cabup yang dikenal dengan kumis khasnya ini, juga menyebut, aksi penanaman pohon perlu kontinyu dilakukan untuk mewujudkan keindahan dan suasana lingkungan yang hijau asri, rindang teduh serta nyaman.

“Kita berharap, kegiatan tanam pohon ini bermanfaat bagi masyarakat Subang maupun warga lain yang berkunjung ke Subang. Sehingga, mereka merasakan nyaman saat datang ke Subang,” pungkas Dedi J yang berpasangan dengan Cawabup Budi Setiadi ini.

BERBAGI