Beranda Politik Teken Kerjasama dengan IDI, KPU Pastikan Rikkes Balon Bupati/Wabup Dilakukan di RSHS...

Teken Kerjasama dengan IDI, KPU Pastikan Rikkes Balon Bupati/Wabup Dilakukan di RSHS Bandung

Jabarpress.com, Subang-KPU Subang memastikan, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Balon Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Hal ini, ditegaskan Ketua KPU Maman Suparman saat melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara KPU dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Subang, terkait Rikkes Balon Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (2/1/2018).

Penandatanganan MoU yang dilakukan Ketua KPU Maman Suparman dengan Sekretaris IDI Cabang Subang Syamsu Riza itu, disaksikan Ketua IDI Jawa Barat Eka Mulyana dan Panwaslu Subang.

Penandatanganan MoU ini merupakan tindaklanjut pertemuan antara KPU dengan IDI, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat dan Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) Jawa Barat pada 19 Desember 2017.

“Setelah dengan IDI, MoU selanjutnya dilakukan dengan BNN dan Himpsi,” ujar Maman.

MoU tersebut dibuat rangkap 4 dari KPU Subang, IDI Subang, BNN Provinsi Jawa Barat dan Himpsi Jawa Barat dengan nomor surat: 637/PL.03.2-NK/3213/Kab/XII/2017, IDI Nomor 249/IDIWIL/JAB/XII/2017, MoU/43/XII/2017/BNNP-JBR dan 221/12/HIMPSI-JABAR/II/17 tentang Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani dan Bebas Penyelahgunaan Narkotika serta Kemampuan Secara Jasmani dan Rohani dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang tahun 2018.

Maman menegaskan, berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 231, pemeriksaan kesehatan pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati, harus dilakukan oleh Rumah Sakit tipe A.

“Karena di Subang belum ada Rumah Sakit tipe A, maka pemeriksaan kesehatan pasangan balon kepala/wakil kepala daerah akan dilakukan di RS Hasan Sadikin yang sudah tipe A sesuai SK 231. Penunjukan RSHS itu dilakukan oleh IDI, kemudian Rumah Sakit melalui SK membuat tim pemeriksa kesehatan pasangan bakal calon,” tutur Maman.

(Usep)