Beranda Ekonomi Pemkab Luncurkan 13 Jenis Perizinan Online

Pemkab Luncurkan 13 Jenis Perizinan Online

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Subang resmi meluncurkan 13 jenis perizinan online serta Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE).

Peluncuran​ berlangsung Rabu (27/12/2017) di halaman kantor DPMPTSP Jl. Ade Irma Suryani Nomor 2 Subang.

Ketiga belas jenis perizinan itu, terbagi dua kategori, yakni 5 izin online dan 8 perizinan berbasis SPIPISE.

Lima jenis perizinan online tersebut, yakni, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) dan Izin Reklame.

Sedangkan 8 perizinan berbasis SPIPISE yakni, izin prinsip penanaman modal, izin usaha berbagai sektor usaha, izin prinsip keperluan penanaman modal, izin prinsip perubahan penanaman modal, izin usaha perubahan untuk berbagai sektor usaha, izin prinsip penggabungan perusahaan penanaman modal, izin usaha penggabungan perusahaan penanaman modal untuk berbagai sektor dan izin pembukaan kantor cabang.

“Totalnya ada 13 jenis perizinan yang bersifat online dari total 36 jenis izin yang ada. Ditargetkan tahun depan semua jenis perizinan akan dilayani secara online. Ini untuk memudahkan pelayanan perizinan bagi masyarakat,” ujar Kepala DPMPTSP, Sumarna.

Ketiga belas jenis perizinan ini dapat diakses melalui website www.dpmptsp.subang.go.id.

Dia menyebut, berdasarkan data rekapitulasi Januari-November 2017, dari 18 jenis perizinan yang dilayani, dinasnya mencatat total 6.048 izin yang masuk dari sekitar 69 perusahaan, terdiri dari 4 PMA (asing) dan 65 PMDN (dalam negeri) dengan nilai investasi sebesar Rp480,087 miliar.

“Untuk realisasi PAD sudah melebihi target yaitu 125,33% atau sekitar Rp7,5 miliar,” kata Sumarna.

Kepala DPMPTSP Jabar, Dadang Muhammad mengatakan, peluncuran perizinan online ini merupakan rencana aksi dari himbauan KPK, agar memperbaiki sistem dan birokrasi  perizinan untuk memudahkan masyarakat.

Bupati Subang Imas Aryumningsih menambahkan, Subang harus mengikuti zaman, sehingga birokrasi perizinan harus dipermudah, transparan dan cepat.

“Makanya, dibentuklah perizinan online. Hari ini mengajukan perizinan, hari ini juga selesai dan prosesnya per jam,” pungkasnya.

Dalam launching perizinan online tersebut, dilakukan penandatanganan kerjasama antara DPMPTSP dan 5 perusahaan, yakni, KPP Pratama, Bank BJB, BPJS Kesehatan, Kantor Pos, dan Telkom.

(Usep)

BERBAGI