Beranda Politik KPU RI: PPK dan PPS Harus Netral di Pilkada!

KPU RI: PPK dan PPS Harus Netral di Pilkada!

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi, meminta para petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bersikap netral pada Pilkada Serentak 2018 ini.

Sebab, petugas PPS maupun PPK memiliki relasi lebih dekat dengan masyarakat. Bahkan, ada kalanya yang terlibat dalam tahapan Pilkada memiliki hubungan dekat atau kerabat dengan mereka.

“Karena itu, para petugas PPS dan PPK dituntut bersikap netral, bertindak netral dan kelihatan netral. Karena ini menyangkut persepsi. Apabila persepsinya sudah negatif, maka akan sulit diperbaiki,” ujar Pramono saat menghadiri Launching Tahapan Pilkada di alun-Alun Subang, Kamis (7/12/2017).

Ada kalanya dalam politik, persepsi itu lebih kuat dari fakta yang sebenarnya. Selanjutnya, para petugas penyelenggara pemilu, juga akan menghadapi tantangan lain, yakni danya perubahan regulasi atau aturan Pemilu yang berbeda dengan sebelumnya. Karena itu, para petugas supaya banyak membaca aturan pemilu.

“Sehingga kita ini bekerja dengan ilmu. Bukan dengan kira-kira,” tegasnya.

Ketua KPU Subang Maman Suparman mengaku siap menyelenggarakan pilkada sebagai wisata politik.

“Pilkada Subang harus menjadi bagian wisata politik, bukan perhelatan politik yang panas,” imbuhnya.

Dia menyebut, masyarakat Subang terdiri dari 3 klaster, yaitu masyarakat pegunungan yang cooling down, klaster pedataran yang agak kritis dan masyarakat pantura yang sangat kritis.

Namun pada Pilkada di Subang yang telah berlangsung beberapa kali, selalu mendahulukan kompromi untuk menghindari konflik.

BERBAGI