Beranda Ekonomi UN Swissindo Tipu Warga Subang?

UN Swissindo Tipu Warga Subang?

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Penipuan berkedok investasi mengatasnamakan UN Swissindo, sebuah perusahaan yang di-blacklist Otoritas Jasa Keuangan (OJK), diduga dialami sejumlah warga Subang Selatan.

Informasi yang dihimpun, upaya penipuan dilakukan oknum berinisial ARF, warga Cirebon, yang mengatasnamakan perusahaan UN Swissindo. Pelaku bahkan menggunakan penduduk sekitar sebagai koordinator rekrutmen warga.

“Mereka berkumpul di sebuah rumah. Konon di sana ada jaksa, jenderal dan petinggi lainnya yang disebut sebagai orang yang akan mencairkan dana tersebut,” ungkap Asep, sumber setempat, kepada Jabarpress.com, Minggu (22/10/2017).

Menurutnya, aksi penipuan berkedok investasi ini, terus menyebar hingga pelosok wilayah Selatan Subang, dengan modus jual keanggotaan dan iming-iming dana ratusan hingga miliaran rupiah.

“Pergerakannya di Cicariu, Bunihayu, Kecamatan Jalancagak dan beberapa titik lainnya di Selatan Subang, itu yang ikut sudah puluhan dan sekarang sudah masuk wilayah Cisalak,” bebernya​.

Bahkan, sejumlah warga yang telanjur memercayai hal tersebut, sudah dimintai uang untuk membayar kartu keanggotaan. Nilai pungutannya Rp200.000/orang.

“Warga diminta Rp200.000/orang untuk beli kartu anggota, dengan iming-iming bisa cair Rp15 juta hingga Rp750 juta,”ucapnya.

Sementara itu, dilansir dari laman ojk.co.id, Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi, meminta United Nation World Trust International Orbit (UN Swissindo) untuk menghentikan semua kegiatannya, karena tidak memiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan Satgas Waspada Investasi bersama Bareskrim Polri dan Bank Indonesia, Rabu 23 Agustus 2017, telah memanggil pimpinan UN Swissindo, Sugihartono alias Sugihartonotonegoro alias Sino.

Dan, berdasarkan dokumen​ yang ada, tertulis bahwa UN Swissindo bergerak salah satunya dalam pelepasan hutang dengan nilai hingga Rp6.150 triliun.

(Ridwan/Usep)

BERBAGI