Beranda Ekonomi Ini Sosok Bezie Galih Manggala, Anak Muda Aktivis LAK Galuh Pakuan yang...

Ini Sosok Bezie Galih Manggala, Anak Muda Aktivis LAK Galuh Pakuan yang Jadi Ketua DPD Termuda HIPMIKINDO

BERBAGI

Jabarpress.com-Baru-baru ini, Ketua Umum DPP Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Indonesia (HIPMIKINDO), Syahnan Phalipi, meminta Lembaga Adat Karaton (LAK) Galuh Pakuan Subang, untuk melakukan pembinaan UKM melalui pembentukan DPD HIPMIKINDO Jawa Barat.

Permintaan ini diajukan oleh Ketua DPP HIPMIKINDO setelah melihat langsung rekam jejak LAK Galuh Pakuan, dalam memajukan Cabang Olahraga Muay Thai di Provinsi Jawa Barat, serta mencetak prestasi dengan meraih gelar juara umum di 2 Kejuaraan Nasional serta 1 Kejuaraan Internasional, hanya dalam kurun kurang dari 2 tahun masa kerja.

Bak gayung bersambut, LAK Galuh Pakuan yang sudah menargetkan program pembinaan UKM di tahun 2017 ini pun, lantas menyanggupi permintaan DPP HIPMIKINDO, dan merekomendasikan Bezie Galih Manggala menjadi Ketua DPD HIPMIKINDO Jawa Barat, yang ketika dilantik nanti, akan menjadi Ketua DPD termuda (27 tahun) di organisasi HIPMIKINDO.

Namun, siapakah anak muda yang akrab dipanggil dengan sapaan Kang Bezie ini?

Lulus dari SMA Negeri 1 Subang pada tahun 2007, Kang Bezie adalah pemuda pelopor mahasiswa Subang yang mengambil study s1 di Luar Negeri.

Pada saat mengambil study hukum di Perancis, pada usia 19 tahun, Kang Bezie bersama team, sudah mendirikan radio streaming pertamanya yang berbasis di Perancis, dengan pendengar dan kru penyiar yang tersebar di lebih dari 20 negara di seluruh dunia.

Sepulang ke Indonesia, beliau sempat dipercaya oleh Kementrian Koperasi dan UMKM, untuk menjadi salah satu tim konsultan termuda untuk kementrian tersebut, pada program Gerakan Kewirausahaan Nasional pada tahun 2013.

Beliau dikirim untuk mengajar ratusan peserta program tersebut di Ternate, dan sejak saat itu, beliau terus aktiv mengajar berbagai UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 2014, Kang Bezie memimpin teamnya pada acara penyambutan delegasi perwakilan kerajaan Belgia di obyek wisata Sari Ater Subang, yang dilanjutkan dengan Penandatanganan nota kesepahaman kesepakatan kerjasama Dagang, antara Karatwan Galuh Pakuan, dengan Kerajaan Belgia yang diwakil oleh AWEX Belgia.

Di Tahun 2016, Inkubator Bisnis Pananyaan yang beliau pimpin, berhasil meraih penghargaan yang diberikan oleh Kemenristekdikti, sebagai 1 dari 5 besar Inkubator Bisnis terbaik di Indonesia. Di tahun yang sama pula, Kang Bezie juga ditunjuk oleh Gerakan Pemberdayaan One In Twenty Movement ProIndonesia, sebagai Direktur Program sekaligus koordinator Pendamping Bisnis Nasional, yang melakukan kegiatan Pemberdayaan UMKM di lebih dari 30 kota di Seluruh Indonesia.

Hingga kemudian pada tahun 2017 ini, OIM ProIndonesia, diberikan Penghargaan oleh Kemenristekdikti, sebagai 1 dari 3 besar komunitas pemberdaya UMKM terbaik se-Indonesia.

Begitulah rekam jejak pemuda yang juga merupakan alumni dari TK Nurul Albab, SDN Kalapa Kembar dan SMP Negeri 1 Subang ini.

Dengan segudang prestasi serta pengalaman Coach Bezie dalam memimpin beberapa organisasi, akankah beliau mampu mengangkat derajat UMKM di Jawa Barat?

BERBAGI