Beranda Politik KPU Subang Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

KPU Subang Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

Jabarpress.com, Subang-Untuk membuka seluas-luasnya ruang partisipasi masyarakat dalam Pilkada, KPU Kabupaten Subang, mengumumkan surat nomor 276/PP.09.3.SD/3213/KAB/X/2017 tentang Pendaftaran dan Persyaratan Pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018.

Komisioner KPU Divisi SDM, Teknis dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Koncara, menyebutkan sebagaimana yang diamanatkan oleh Ketua KPU Maman Suparman, pengumuman ini sangat penting untuk memberikan akses seluas-seluasnya keterlibatan masyarakat dalam memantau Pilkada di Kabupaten Subang.

“Sebagai wujud keterbukaan dan ruang partisipasi (masyarakat) supaya perhelatan Pilkada di Kabupaten Subang yang lebih demokratis,”ujarnya.

Hal ini juga berdasarkan PKPU Nomor 8 tahun 2017 Tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota.

Selain itu, UU Nomor 10 tahun 2016 mengamanatkan hal yang sama serta berdasarkan PKPU Nomor 1 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Bagi yang ingin mendaftar jadi pemantau, harus memenuhi sejumlah persyaratan, yakni persyaratan administrasi pendaftaran diantaranya pemantau harus bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas, terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU Subang.

Untuk kelengkapan administrasi dari beberapa item yang dipersyaratkan, diantaranya, profil organisasi pemantau, nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi pemantauan per wilayah dan rencana jadwal daerah yang dipantau.

Untuk lebih jelasnya apabila ada lembaga masyarakat yang concern dalam pemantauan pemilihan, bisa mendatangi Kantor KPU Subang.

Mengenai jadwal pendaftaran, mulai dibuka tanggal 12 Oktober 2017 sampai 11 Juni 2018.

“Kami siap melayani. Untuk lebih jelasnya silahkan buka website KPU Kabupaten Subang dengan alamatwww.kpud-subangkab.go.id,”pungkasnya.

(Usep)