Beranda Hukum Ini Kronologi Perampok Berpistol Satroni BRI Wantilan Bermodus Pengantar Amplop

Ini Kronologi Perampok Berpistol Satroni BRI Wantilan Bermodus Pengantar Amplop

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Kantor BRI Unit Wantilan yang berada di Kampung Cijoged Desa Lengkong Kecamatan Cipeundeuy, disatroni perampok bersenjata api, Rabu (5/7/2017).

Dengan modus berpura-pura menjadi pengantar amplop, pelaku yang membekal pistol ini nyaris menjalankan aksinya. Namun beruntung, pelaku mengurungkan niatnya dan melarikan diri.

Informasi yang dihimpun, pelaku masuk melalui pintu samping BRI sekitar pukul 07.30 WIB, dengan berpura-pura menitipkan amplop coklat untuk Kepala Unit BRI. Amplop tersebut diterima oleh Jajang Nurdiansyah, 34 tahun, satpam yang berjaga di bank.

Jajang sempat menanyakan asal muasal amplop tersebut, dan pelaku menjawab jika amplop berasal dari Joko.

Selanjutnya, pelaku berjalan keluar sekitar jarak satu meter. Tiba-tiba, pelaku membalikkan badan ke arah pintu, sambil mencabut senjata api jenis pistol FN dari pinggang, lalu menodongkannya ke Jajang dan menembakan peluru ke atas satu kali mengenai plapon atap ruangan BRI.

Usai menembak, magajen pistol jatuh ke lantai dan diambil pelaku. Melihat melihat kejadian tersebut, Jajang sertamerta mendorong pelaku dan langsung menutup pintu, dibantu rekannya, Saeful yang sedang berada di dalam ruangan. Kemudian pintu dikunci dan dihalangi meja.

Mengetahui aksi dua karyawan bank ini, pelaku langsung lari mengambil motor jenis Yamaha Mio Z yang disimpan di sebelah timur bagian luar kantor BRI, kemudian kabur menggunakan ke arah timur (Kalijati).

“Benar, pagi tadi ada aksi percobaan perampokan di kantor BRI, satpam sempat ditodong pakai pistol. Pelaku juga mengeluarkan satu kali tembakan peringatan,”ungkap Kapolres Subang, AKBP Yudhi Sulitianto Wahid.

Saat ini, pihaknya masih menyelidiki peristiwa kriminal itu, dengan memeriksa para saksi, untuk mengungkap pelakunya. Sejumlah barang bukti diamankan dari TKP, di antaranya, satu buah selongsong pistol FN kaliber 45.

Berdasarkan keterangan saksi, ciri-ciri pelaku di antaranya, tinggi badan 165 cm, memakai jaket biru dongker, rambut panjang warna merah, memakai helm warna hitam kaca dibuka, dan mulut ditutup masker.

(Usep)

BERBAGI