Beranda Jabar Imas Aryumningsih Diimbau Tak Perlu Takut Jabatan Wabup Diisi PDIP

Imas Aryumningsih Diimbau Tak Perlu Takut Jabatan Wabup Diisi PDIP

BERBAGI
Exif_JPEG_420

Jabarpress.com, Subang-Bupati Subang, Imas Aryumningsih, diimbau tidak perlu merisaukan, jika jabatan wakil bupati (wabup) yang saat ini kosong, nantinya diisi oleh kader PDIP selaku partai pengusung.

Pasalnya, jabatan bupati dan wakil bupati memiliki tupoksi (tugas pokok dan fungsi) berbeda, namun saling melengkapi, sesuai ketentuan perundang-undangan. Sehingga, tidak akan saling ‘serobot’.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Subang, Maman Yudia (MY), menegaskan, masing-masing jabatan bupati dan wakil bupati mempunyai fungsi yang berbeda. Bupati sebagai pembuat kebijakan, wakil bupati sebagai pengawas kebijakan, dan sekda sebagai pelaksana teknis kebijakan.

Ketiga jabatan tinggi di lembaga eksekutif ini, sebut MY, merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan, dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Jadi, tidak ada yang harus ditakutkan. Bu Imas tidak perlu takut (jabatan wabup diisi PDIP). Karena, antara bupati dan wakil bupati mempunyai fungsi yang berbeda,”tegas MY.

MY: “Wabup Hak PDIP!”

Menanggapi kabar jika Bupati Imas Aryumningsih sudah mengantongi dua nama untuk calon wabup dari internal Partai Golkar, yakni Oman Warjoman dan Hendra Purnawan, MY kembali menegaskan, secara etika politik, posisi wakil bupati merupakan hak konstitusional PDIP selaku partai pengusung pada Pilkada 2013 lalu.

Apalagi karena saat ini, bupatinya sudah dijabat oleh Imas Aryumningsih yang notabene berasal dari Partai Golkar.

“Sudah menjadi etika politik, ketika bupati dari PDIP (Ojang Sohandi) terkena ‘kecelakaan’ (kasus hukum BPJS) dan digantikan wakilnya dari Golkar (Imas Aryumningsih), saya rasa itu sudah jadi hukum logis, etika, jika bupatinya oleh Golkar, maka wakilnya oleh PDIP,”pungkas MY.

(Usep)

BERBAGI