Beranda Uncategorized H+5 Lebaran, Sejumlah Jalan di Jabar Terpantau Padat Merayap

H+5 Lebaran, Sejumlah Jalan di Jabar Terpantau Padat Merayap

BERBAGI

BANDUNG- Sejumlah ruas jalan di Jawa Barat terpantau padat atau ramai lancar seperti dilaporkan kontributor Wartakini.co di jalur Cicalengka-Bandung, Rancaekek-Cileunyi dan Sumedang-Bandung. Dari beberapa ruas jalan tol pada pukul 09.07 WIB : Lalin di Tol Cipali arah Cikopo tersendat jelang rest area di KM 166, KM 130, KM 102, dan KM 86, Sementara pukul 09.01 WIB di Tol Jakarta Cikampek tepatnya di Karawang Timur KM 54 – Karawang Barat KM 42 PADAT, kepadatan keluar/masuk Rest area KM 52 & KM 42 juga terjadi.

Situasi lalulintas di Jalan Setiabudi arah Lembang juga mulai terpantau padat seperti hari-hari sebelumnya pasca lebaran. Sejumlah kendaraan juga mencari jalur-jalur alternatif melalui jalan-jalan perkampungan atau perumahan untuk menuju tempat-tempat wisata.

Situasi Terkini Tol Purbaleunyi
Situasi arus lalulintas di Tol Purbaleunyi arah Jakarta terpantau ramai lancar termasuk kepadatan kendaraan juga terjadi dibeberapa rest area di sepanjang jalur tersebut.

Berdasarkan informasi resmi akun Twitter PT. Jasa Marga pada pukul 09.01 WIB hari ini, Jum’at (29/06/2017) bahwa arus lalulintas relatif lancar, di GT Cileunyi kendaraan sejak pukul08.30 WIBB terpantau ada antrian sekitar 1 Kilometer sementara arus sebaliknya ramai lancar.

“Tol_Purbaleunyi Dawuan – Padalarang – Pasteur – Cileunyi LANCAR. ; Cileunyi – Pasteur – Padalarang -Dawuan LANCAR,” demikian ditulis.

Di rest Area 125 Cimahi kendaraan yang akan beristirahat terpaksa antri cukup panjang karena area parkir yang cukup padat. Menurut Doni salah seorang petugas di rest area ini kepadatan memaksa para petugas mengatur agar kendaraan yang berhenti tidak terlalu lama di lokasi rest area.

“Diatur sedemikian rupa karena sekarang kan lagi padat padatnya kalau sekedar ke toilet di rest area ini ditambah dengan Toilet Kabin milik pemerintah (PUPR, Red), jadi tidak mesti semua masuk,” ucapnya.
Walaupun puncak arus balik diperkirakan akan terjadi Sabtu, (01/07/2017) namun sepertinya pemudik lebih memilih kembali lebih cepat menghindari dibolehkannya truk bertonase/barang beroperasi kembali.

“Saya balik ke Jakarta, memilih sekarang pulang karena kemungkinan Sabtu Minggu lebih macet dan saya bisa beristirahat lebih lama sebelum kembali bekerja,” kata Rudi, 52 warga Salemba.

Informasi yang didapat Kemenhub telah mengeluarkan surat edaran terkait perpanjangan larangan kendaraan truk beroperasi hingga tanggal 3 Juli 2017, namun sejumlah pemudik tetap berharap larangan tersebut bisa dilaksanakan.

“Kami berharap truk tidak beroperasi dengan perpanjangan larangan dan kami menghindari situasi dan kondisi lebih padat di jalan,” imbuh Rudi.

Informasi Kementrian Perhubungan yang memperpanjang larangan truk beroperasi kembali terkait arus balik diperpanjang tersebut diapresiasi sejumlah pemudik. “Bagus, harus dilakukan demi keamanan mudik kami,” pungkas Rudi.

BERBAGI