Beranda Daerah Jalan Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Mudik Lebaran?

Jalan Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Mudik Lebaran?

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diharapkan dapat digunakan untuk jalur mudik lebaran tahun 2017 ini. Mengingat sejak awal, salah satu tujuan pembangunan jalur tol yang menghubungkan Bandung-Sumedang-Majalengka ini, untuk mengantisipasi kemacetan yang kerap terjadi di jalur Cadas Pangeran Sumedang.

Pembangunan proyek tol terus digeber, dan hingga kini, sudah enam kilometer ruas yang mulai bisa digunakan, dengan rute Tanjungsari-Rancakalong hingga batas pembuatan terowongan, yang nantinya menghubungkan jalur ini.

Kemacetan parah yang kerap terjadi di musim mudik lebaran setiap tahun, mendorong pemerintah menyiapkan jalur alternatif. Salah satunya, dengan menyiapkan pembangunan ruas jalan tol di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan, penggunaan jalan tol ini untuk kondisi tertentu saja.

“Penggunaan jalan tol dimaksud untuk sementara, digunakan apabila terjadi bencana atau kepadatan yang masif. Selain itu, perlu pemasangan prasarana pendukung di sepanjang jalur,”ujar Dedi, sebagaimana dilansir Pikiran Rakyat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jika ruas tol ini difungsikan, kendaraan bisa masuk dari Tanjungsari-Pasar Rancakalong dan keluar di Tunnel atau sekitar area terowongan tol.

Menurut Dedi, antisipasi ini menjadi tindakan opsional, mengingat jalur tersebut menjadi salah satu jalur mudik utama menuju Jawa Tengah dan sekitarnya. Karena itu, pihaknya akan mempersiapkan rekayasa untuk mendukung kelancaran arus mudik jalur tengah tersebut.

Dishub Jawa Barat akan mempersiapkan infrastruktur lalu lintas pendukung, untuk memastikan kesiapan sebagian jalan tol yang akan digunakan itu.

“Kita akan survey dulu ini dengan satker, untuk melihat kondisi jalan, terus kita juga harus pastikan rambu-rambunya sudah siap di situ,”katanya.

Meski demikian, jalur  tersebut tidak akan direkomendasikan untuk truk dan bus. Sebab, jalan yang dipakai sepanjang enam kilometer tersebut, tergolong sempit dan curam.

“Kita harus selektif untuk kendaraan yang melalui tol ini, angkutan bus agak riskan untuk lewat sana, kalau (angkutan) pribadi mungkin bisa,”paparnya.

Selain jalur alternatif kendaraan menuju Sumedang, pihaknya pun mempersiapkan jalur alternatif menuju Garut, yakni melalui Cijapati. Dengan persiapan antisipasi ini, diharapkan perjalanan mudik lebaran berlangsung nyaman.

(Red)

BERBAGI