Beranda Daerah Hore, Sabtu Besok 27 Mei 2017 Kita Puasa Ramadhan!

Hore, Sabtu Besok 27 Mei 2017 Kita Puasa Ramadhan!

BERBAGI

JAKARTA-Penentuan awal Ramadan 1438 Hijriyah masih menunggu Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Republik Indonesia Usai Shalat Maghrib di Auditorium HM.Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia dan dilakukan secara tertutup karena Hingga Jumat petang (26/5/2017), pemerintah belum mengeluarkan penetapan awal bulan Ramadhan.

Sidang isbat untuk penentuan awal puasa Ramadhan 2017 juga baru dijadwalkan berlangsung pada Jumat malam. Sidang tersebut akan mempertemukan para tokoh dan organisasi massa Islam untuk bersama-sama menetapkan awal puasa Ramadhan.

Melalui Jumpa Pers Keputusan Sidang Isbat Hari ini diumumkan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saefudin dihadapan perwakilan tokoh agama, ormas keagamaan dan perwakilan negara sahabat dan sejumlah instansi di tanah air memutuskan bahwa Awal Ramadhan 1438 Hijriyah ditetapkan Besok Sabtu, 27 Mei 2017.

Perbedaan Awal Dan Akhir Puasa Kerap Terjadi

Tak setiap tahun sidang ini menghasilkan ketetapan yang disepakati semua peserta. Pada beberapa tahun terakhir, ada beberapa kali organisasi massa Islam memiliki ketetapan berbeda dengan hasil sidang isbat.

Penetapan Sidang Isbat Awal Ramadhan 1438 Hijriyah disambut sukacita warga diberbagai daerah. Alfi Raharusun warga Tual Maluku Tenggara mengatakan perbedaan waktu 2 jam tak menghambat rasa bahagia usai ditetapkan.

“Kita disini usai penetapan sekitar jam 22 malam, ya kami langsung lanjut solat tarawih,” ucapnya saat dihubungi melalui seluler.

“Tadi liat di Televisi perkiraan memang besok awal ramadhan 1438 Hijriyah,” katanya lagi.

Untuk melihat Hilal yang menjadi tanda awal Ramadhan tersebut Pemerintah melibatkan tim dari berbagai intansi diantaranya MUI, Boscha, ITB, Lapan, TNI AL, dan instansi lainnya di 84 titik pantauan dari Sabang Sampai Merauke ***

BERBAGI