Beranda Daerah 300 Petasan dan 1.000 Minuman Kadaluwarsa Disita Polisi

300 Petasan dan 1.000 Minuman Kadaluwarsa Disita Polisi

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sepekan menjelang bulan Ramadhan, jajaran Polres Subang kian gencar melaksanakan operasi cipta kondisi, untuk mewujudkan ketenangan beribadah puasa.

Dalam kegiatan tersebut, polisi berhasil mengamankan ratusan buah petasan di Desa Bobos Kecamatan Legonkulon, dan ribuan botol minuman kadaluwarsa di wilayah Kecamatan Cipeundeuy.

“Kegiatan cipkon (cipta kondisi) di Desa Bobos yang digelar Jumat (19/5/2017) pukul 20.30 WIB di sebuah pasar malam, berhasil mengamankan 324 buah petasan/mercon jenis Happy Flower dan Luftheler, dari Warsidi, pedagang asal Dusun Pintu RT 04/08 Desa Mulyasari Pamanukan. Operasi cipkon dipimpin Kanit Provos Aiptu Husen bersama anggota,”ujar Kapolres Subang, AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, melalui Kasubbag Humas, AKP Udi Sahudi.

Selanjutnya pada Sabtu (20/5/2017) pukul 10.45 WIB, polisi juga berhasil mengamankan sebanyak 1.000 minuman kadaluwarsa, berjenis Big Cola, Big Strawberry, dan Big Lemon, di kawasan Dusun Lengkong RT 12/04 Desa Lengkong Kecamatan Cipeundeuy.

“Modusnya, minuman kadaluwarsa ini hendak dijual lagi kepada masyarakat, dengan cara menghapus dan mengganti tahun kadaluwarsa/expired, menggunakan hampelas dan gunting, dari yang semula tahun 2017 diganti menjadi 2018,”paparnya.

Ratusan minuman kadaluwarsa ini, disita dari Empit, 25, sopir mobil boks asal Karawang, yang hendak menjual minuman kadaluwarsa yang dibawanya, kepada Juju, 43, pemilik warung di Desa Lengkong.

“Pemilik warung ini, Juju, membeli minuman tersebut di daerah Cikarang, diantarkan menggunakan mobil boks sebanyak dua kali, dengan harga pembelian masing-masing Rp1,5 juta dan Rp1,8 juta,”ucapnya.

Selanjutnya, minuman yang telah dirubah tahun kadaluwarsanya itu, diedarkan dan dijual ke warung-warung oleh pelaku dibantu suami dan seorang pekerja bernama Samino, menggunakan sepeda motor.

“Kejadian ini masih didalami. Adapun barang bukti sudah diamankan di gudang Polsek Cipeundeuy,”pungkasnya.

(Usep)

BERBAGI