Beranda Jabar Anggota DPR Linda Megawati Kukuhkan Paguron Silat Sanalika

Anggota DPR Linda Megawati Kukuhkan Paguron Silat Sanalika

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Linda Megawati, menghadiri pengukuhan pengurus Yayasan Paguron Pencak Silat Sanalika Subang, di Desa Prapatan Kecamatan Purwadadi, Sabtu malam (13/5/2017).

Pengukuhan paguron silat pimpinan Abdul Muiz Ali, dengan guru besar Anwar Musadad tersebut, turut dihadiri oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Subang, Nurul Mu’min; Camat Purwadadi, Asep Sopandi; Kapolsek AKP Supratman; Danramil Kapten Inf Alexgro; Kades Prapatan, Cecep Supriadi; tokoh Subang, Bambang Herdadi; serta ratusan warga setempat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Paguron Silat Sanalika Cabang Subang, yang juga Anggota DPR RI, Linda Megawati, sangat mengapresiasi keberadaan dan kiprah paguron tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan Paguron Sanalika ini,”ujarnya.

Linda menilai, keberadaan pencak silat merupakan kegiatan yang positif bagi generasi muda. Karena itu, pihaknya bertekad untuk melestarikan warisan budaya khas Sunda tersebut.

“Pencak silat ini kegiatan positif untuk generasi muda. Daripada ugal-ugalan, mendingan mereka belajar silat. Terlebih, silat ini budaya khas Sunda. Karena itu, warisan budaya ini harus dilestarikan,”tegas wanita yang duduk di Komisi VIII DPR RI ini.

Camat Purwadadi, Asep Sopandi, menambahkan, sebagai warisan budaya asli Indonesia, khususnya budaya khas Sunda, keberadaan seni beladiri pencak silat harus dijaga dan dilestarikan oleh seluruh elemen bangsa.

“Kami sepakat dengan Ibu Linda Megawati, bahwa seni beladiri silat adalah warisan budaya yang harus dilestarikan, harus ‘dimumule’ (dipelihara dengan baik),”imbuhnya.

Pantauan, usai dilakukan pengukuhan pengurus Paguron Silat Sanalika, yang ditandai dengan penyerahan pataka paguron dari Linda Megawati kepada guru besar Anwar Musadad, acara yang berbarengan dengan peringatan Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW ini, ditutup tausyiah oleh mubaligh KH Sibawaih dari Purwakarta.

(Usep)

BERBAGI