Beranda Daerah ‘Diinpeksi’ Mendadak, 4 Bus Pariwisata di Sari Ater Tak Layak Jalan

‘Diinpeksi’ Mendadak, 4 Bus Pariwisata di Sari Ater Tak Layak Jalan

BERBAGI

SUBANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang dan Dishub Provinsi Jawa Barat didampingi Polres Subang melakukan pelaksanaan inspeksi (ramp check) keselamatan lalu lintas bidang angkutan umum di areal parkir obyek wisata Sari Ater Subang.

Plt. Kepala Dishub Subang Rona Mairansyah, mengatakan ramp check sebenarnya adalah pemeriksaan rutin setiap bulan untuk memastikan kelaikan dan keselamatan pesawat serta memastikan penerbangan memenuhi segala peraturan tentang kelaikan udara.

Tapi definisi ramp check juga mulai bergeser dan digunakan bukan hanya untuk pesawat, tapi juga sering digunakan untuk moda transportasi darat.

Dalam kegiatan ramp check yang dilaksanakan di areal parkir Sari Ater pada Sabtu (6/5/2017) dilaporkan bahwa ada 18 bus yang diperiksa sebagai sampel. Hasilnya 10 bus kategori laik jalan. sedangkan delapan bus terdapat pelanggaran.

“Dan empat bus pelanggaran administratif dan dilakukan penilangan oleh Dishub Subang. Bus masih diperbolehkan jalan dan mengangkut kembali penumpang,” kata Rona Mairansyah.

Empat bus yang tidak laik jalan karena banyak bagian vital tidak berfungsi dengan baik, seperti sistem pengereman, ban depan dan belakang sangat tidak layak dan ditambah pelanggaran administratif karena buku KIR tidak berlaku, ada yang palsu, STNK tidak sesuai dengan nomor rangka mesin, SIM sudah habis masa berlakunya.

“Kelompok bus ini dilarang mengangkut kembali penumpang dan memerintahkan perusahaan bus mengirim bus laik jalan untuk mengangkut penumpang kembali ke tempat asal,” katanya.

Dalam pemeriksaan bus di areal parkir Sari Ater itu, pemeriksaan dilakukan oleh Petugas PPNS dan Penguji Kendaraan Bermotor, kecuali SIM dan STNK oleh Kepolisian.

Putra

BERBAGI