Beranda Jabar Kurang Fasilitas, SMP/MTs Penyelenggara UNBK di Subang Minim

Kurang Fasilitas, SMP/MTs Penyelenggara UNBK di Subang Minim

BERBAGI

SUBANG- Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK) tingkat SMP/MTs di Kabupaten Subang masih terkendala perangkat hal ini menjadi catatan bagi pemerintah pusat agar mendorong sekolah yang ada di pelosok diberikan dukungan agar bisa menyelenggarakan UNBK.

Pemerhati Pendidikan Subang Ridwan Hartiwan Pemerintah belum serius benahi sarpras pendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Kami berharap Kemdikbud lebih mendorong bantuan yang mendukung pelaksanaan UN berbasis komputer di pelosok karena yang menjadi problemnya biasanya jaringan internet dan komputernya, ini harus jadi perhatia,” ungkap Ridwan Hartiwan

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di wilayah Subang hanya bisa dilaksanakan didua sekolah. Sedangkan sisanya masih melaksanakan UN konvensional yaikni masih menggunakan kertas dan pensil.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang Suwarna Murdias, untuk tahun ini jumlah SMP yang melaksanakan UNBK di Subang totalnya 16 sekolah, dua SMP negeri dan 14 lagi SMP swasta.

“Memang untuk sekolah negeri baru dua sekolak, yaitu SMP SMPN 1 dan 2 Subang,” kata  Suwarna Murdias, Senin (2/5/2017).

Suwarna mengatakan, seluruh siswa baik siswa SMP dan MTs yang melaksanakan Ujian Nasional di wilayah Subang berjumlah 24.593 peserta.

Adapun untuk SMP yang melaksanakan UNBK ada 16 sekolah dengan jumlah siswa 1.638. MTs yang melaksanakan UNBK ada 50 sekolah dengan total siswanya 3.833 peserta.

“Jika ditotal siswa yang ikut UNBK tingkat SMP dan MTs ada sebanyak 6.311 peserta,” katanya.

Sedangkan sekolah yang melaksanakan UN masih menggunakan paper tes sebanyak 133 SMP dengan jumlah peserta 17.294 siswa, dan MTs 16 sekolah jumlah siswa 988 peserta.

“Sedangkan untuk total sekolah yang UN nya masih menggunakan soal kertas sebanyak 149 SMP dan MTs, pesertanya 18.282 siswa. Jadi total peserta UNBK dan UN siswa SMP serta Mts di Kabupaten Subang 24.593 peserta,” katanya.

Seperti deiketahui, pelaksanaan UN berlangsung 4 hari, 3 berturut-turut yakni dari mulai tanggal 2-4 Mei 2017 dan satu hari lagi setelah akhir pekan yakni 8 Mei 2017.

“Pelaksanaannya empat hari, mulai dari Selasa dan berakhr pada hari Senin,” katanya.

Dudi Setiadi

BERBAGI