Beranda Jabar Jelang Pilkada 2018, DPC PDIP Subang Membuka Penjaringan Balon Bupati/Wakil Bupati

Jelang Pilkada 2018, DPC PDIP Subang Membuka Penjaringan Balon Bupati/Wakil Bupati

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Menjelang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Subang yang bakal digelar Juni 2018, kontestasi politik di Subang sudah mulai dinamis.

Hal tersebut ditandai dengan maraknya figur, yang sudah memperkenalkan dirinya untuk maju mencalonkan pada Pilkada 2018, baik menggunakan jalur perseorangan ataupun partai politik.

Sebagai partai terbesar di Kabupaten Subang, dan berturut-turut memenangkan kontestasi politik sejak tahun 1999, keberadaan PDIP sangat diperhitungkan. Terlebih, menghadapi ajang Pilkada 2018.

Pasalnya, dengan perolehan jumlah kursi terbanyak di DPRD, PDIP menjadi satu-satunya partai yang memenuhi syarat mengusung pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati, secara tersendiri (tanpa koalisi).

Lantas, sudah sejauh mana langkah-langkah politik yang disiapkan PDIP untuk menyambut pilkada? Siapa saja calon yang akan diusung? Dan, apakah PDIP membuka peluang koalisi dengan partai lain?

Berikut petikan wawancara ekslusive Jabarpress.com (Grup Indowarta Xpress Media), dengan Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Subang, Maman Yudia, S.Pd, pada Senin, 1 Mei 2017, bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day):

*Siapa Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang dari PDI Perjuangan?*

Sampai saat ini, PDI Perjuangan belum memiliki calon secara formal. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Partai Nomor 04 Tahun 2015 tentang Seleksi dan Rekrutmen Calon Kepala Daerah dari PDI Perjuangan secara terbuka. Oleh karena itu, siapapun yang berminat mencalonkan diri, kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Kabupaten Subang.

*Bagaimana persyaratan dan mekanismenya?*

DPC PDI Perjuangan Subang akan melakukan penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah, kemudian mengusulkan kepada DPD PDI Perjuangan Jawa Barat. Hal tersebut mempertimbangkan Modal Sosial, Modal Politik dan Modal Material dari setiap Bakal Calon.

*Pada Pilkada 2018, apakah PDI Perjuangan akan Berkoalisi?*

Berdasarkan ketentuan perundang-undangan, PDI Perjuangan sudah memenuhi syarat minimum untuk mencalonkan Bupati dan Wakil Bupati, karena memiliki 10 kursi di DPRD Kabupaten Subang. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan berkoalisi dengan partai lain untuk bersama-sama membangun Kabupaten Subang.

(Usep)

BERBAGI