Beranda Ekonomi & Wisata Pemkab Subang Dorong BRI Atasi Permodalan Pedagang

Pemkab Subang Dorong BRI Atasi Permodalan Pedagang

BERBAGI

SUBANG– Upaya Pemkab Subang memberikan solusi permodalan pedagang pasar ialah dengan mendorong perbankan memberikan kredit usaha. Dikatakan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang, Ugit Sugiana meminta supaya pedagang menetap dulu secara permanen di Pasar Tradisonal. Kemudian mereka akan didata. Setelah terdata menetap permanen, nanti akan dikeluarkan Kartu Penempatan yang selanjutnya bisa diajukan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BRI.

”Nanti kartu (penempatan) itu akan dijadikan jaminan kepada KUR. Kami sudah memanggil bank BRI-nya. Itu jalan satu,” ujarnya kepada usai saat ditemui usai Doa bersama di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (28/4).

Yang kedua kata Ugit ialah melalui kegiatan usaha mikro dan menengah yang dikeluarkan dari Camat masing-masing.

“Namanya Ijin Usaha Mikro dan Menengah. Nanti oleh BRI dikeluarkan ID-nya. ID kartu itu akan dipakai untuk memudahkan pihak bank dalam melihat kemajuan dan usahanya,” tuturnya.

Selanjutnya untuk memudahkan dijangkau pembeli pihaknya dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kab Subang terus melakukan koordinasi secara intensif supaya jalur angkot masuk ke dalam pasar. Dalam eksposnya kata Ugit mereka telah memberikan stiker di angkot. Supaya masuk ke depan pasar.

“Tinggal sekarang Dishub melakukan kontrol di lapangannya,” kata dia

Kata dia angkot harus masuk ke belakang terminal artinya ke depan pasar. Agar para penjual dan pembeli bisa diakses ke sana.

“Karena ceritanya sekarang mereka susah kendaraan saja,” pungkasnya.***

Red

BERBAGI