Beranda Pendidikan & Pesantren Ini Alasan Komunitas Pesantren se-Jabar Dukung Ridwan Kamil Jadi Cagub

Ini Alasan Komunitas Pesantren se-Jabar Dukung Ridwan Kamil Jadi Cagub

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Walikota Bandung, Muhamad Ridwan Kamil, menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren Pagelaran III Desa Gardusayang Kecamatan Cisalak, Subang, Minggu (23/7/2017).

Kedatangan Bakal Calon Gubernur (Balongub) Jabar yang sudah resmi diusung Partai Nasdem ini, disambut antusias ribuan santri dan kalangan pesantren, dari sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, para santri, kiai (ulama), serta kalangan pesantren yang tergabung dalam Komunitas Pesantren Jawa Barat, sepakat mendukung Kang Emil–sapaan akrab Ridwan Kamil–untuk maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) pada Pilgub 2018 mendatang.

Pimpinan Komunitas Pesantren Jawa Barat, yang juga Pembina Keluarga Besar Pesantren Pagelaran, KH Chatimul Banin Muhyiddin, membeberkan sejumlah alasan mendukung Ridwan Kamil (RK) maju di Pilgub Jabar. Salah satunya, karena RK berlatar belakang pesantren, dan merupakan cucu KH Muhyiddin, pendiri Pondok Pesantren Pagelaran Subang.

“Kenapa kami mendukung RK jadi Cagub? Karena beliau orang pesantren, dan wajar maju di pilgub sebagai wakil dari kalangan pesantren. Karena itu, kami dari kalangan pesantren di Jawa Barat, mendukung beliau jadi calon gubernur periode 2018-2023,”ujar KH Chatimul, disambut takbir para hadirin.

Kendati mendukung penuh, namun, pihaknya mengajukan tiga syarat yang harus dipenuhi RK saat maju di Pilgub Jabar. Pertama, karena mewakili pesantren, maka, di dalam berpolitik dan menjalankan pemerintahan, RK harus mengedepankan akidah islami dan berakhlaq karimah.

“Akidah harus dipegang saat melakukan transaksi-transaksi politik. RK jangan mengorbankan akidah demi politik, demi mencalonkan! Akhlak juga penting dalam menjalankan pemerintahan. Enggak kebayang saya nangis kalau RK suatu saat ditangkap KPK. Makanya, akhlak itu penting!,”tegasnya.

Syarat kedua, kata Chatimul, RK jangan lupa terhadap pesantren, dan harus memajukan pesantren. Sebab, pesantren bisa menjadi agen pembangunan untuk menyejahterakan masyarakat.

“Di Jabar ini, ada sekitar 9.000 lebih pesantren. Ini potensi besar untuk pembangunan dan kesejahteraan bangsa,”ucapnya.

Dan syarat ketiga, RK disarankan maju di Pilgub Jabar dari jalur independen atau perseorangan. Untuk mendukung ini, pihaknya segera menyiapkan pembentukkan tim relawan bernama ‘Pesantren Dukung RK’, disingkat, ‘TrenD RK’.

Selain itu, dukungan untuk RK, juga dilatari oleh banyaknya prestasi dan penghargaan yang dicetak RK selama menjabat Walikota Bandung.

“RK ini merupakan orang pesantren. Beliau adalah cucu KH Muhyiddin, pendiri Pesantren Pagelaran Subang, yang juga pejuang Islam. Ayah beliau, Atje Misbah Muhyiddin, adalah putra KH Muhyiddin. Beliau keturunan pejuang Islam dan pejuang kemerdekaan. Selama ini, karirnya sarat prestasi dan penghargaan. Beliau juga punya keunggulan, yakni, bisa menemukan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain, inovasi. Seperti gagasan mengenai Teras Cihampelas dan Cikapundung. Sehingga, layak mengabdi kepada masyarakat secara lebih luas lagi,”papar KH Chatimul.

Pimpinan Ponpes Pagelaran III Cisalak, KH Dandi Sobron Muhyiddin, juga menegaskan tekadnya untuk mendukung RK maju menjadi Cagub Jabar.

“Alasan kami mendukung RK, jelas. Beliau adalah kader santri, yang selama ini tidak lepas kehidupannya dari pesantren, dan sangat peduli terhadap pesantren. Beliau juga dibesarkan dan pernah mesantren disini,”timpal KH Dandi.

Usep

BERBAGI