Beranda Pendidikan 9.646 Santri Madrasah di Subang Ikut UAMBN

9.646 Santri Madrasah di Subang Ikut UAMBN

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sekitar 9.646 santri dari 665 Madrasah Diniyah di Kabupaten Subang, mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Bersama Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2016/2017.

UAMBN yang diselenggarakan selama empat hari, Senin-Kamis, 17-20 April 2017 ini, mendapat atensi dari sejumlah pejabat pemkab, DPRD dan Kementerian Agama (Kemenag) Subang.

“Alhamdulillah, selama ujian berlangsung, dilakukan monitoring oleh pimpinan DPRD, Komisi IV, pemkab, pimpinan kemenag, serta sejumlah staf seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Subang,”ujar Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Subang, Atep Abdul Gofar.

Secara teknis, beber Atep, pelaksanaan UAMBN berlangsung variatif, ada yang dilakukan di masing-masing madrasah, ada yang digabung di satu lokasi, dan ada juga yang dipusatkan di kecamatan.

“Ada juga yang ujiannya digabungkan sekecamatan, seperti di Kecamatan Purwadadi, Tanjungsiang, Sagalaherang dan Serangpanjang,”jelasnya.

Dengan terselenggaranya UAMBN, pihaknya berharap, pemkab lebih serius memerhatikan keberadaan madrasah diniyah. Mengingat, jika dibandingkan dengan peserta ujian SD, jumlah peserta UAMBN cenderung lebih banyak, bedanya hampir 40 berbanding 60 persen.

“Ini menandakan Perbup Nomor 14 tentang Kewajiban Madrasah Diniyah Takmiliyah, belum berjalan maksimal. Kami dari FKDT siap turut menyukseskan program Gapura Perak melalui Diniyah Takmiliyah,”pungkas Atep.

Usep

BERBAGI