Beranda Jabar Ternyata, Pencipta Lagu Legendaris ‘Manuk Dadali’ Itu Urang Subang

Ternyata, Pencipta Lagu Legendaris ‘Manuk Dadali’ Itu Urang Subang

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Kebanyakan masyarakat pasti mengenal lagu populer ‘Manuk Dadali’. Ya, lagu legendaris yang masuk dalam daftar lagu-lagu nasional khas daerah Jawa Barat ini, diciptakan oleh seniman bernama Sambas.
Dan ternyata, Sambas yang dikenal sebagai seniman Sunda (Jawa Barat) ini, merupakan sosok asli ‘Urang Subang’.

“Banyak seniman Subang menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh publik nasional. Karya mereka abadi sampai sekarang. Salah satunya lagu ‘Manuk Dadali’, ini merupakan karangan Sambas, yang juga Urang Subang,”ungkap Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih, di sela pemberian penghargaan kepada para seniman Subang, dalam rangka HUT ke-69, Selasa malam (4/3/2017).

Menurutnya, warga Subang selayaknya bangga atas munculnya sosok-sosok seniman asli Subang, yang mampu menghasilkan karya-karya legendaris di tingkat nasional maupun internasional.

“Karena itu, sebagai kepala daerah, saya berkewajiban secara moral untuk menjaga keberadaan seniman-seniman Subang, dengan cara membantu sanggar-sanggar yang ada agar tetap eksis menghasilkan karya,”tutur politikus senior yang pernah menjabat anggota DPRD Subang ini.

Selain kepada keluarga/ahli waris seniman Sambas, Imas juga memberikan penghargaan kepada beberapa seniman lain, yang telah mengabdikan dirinya untuk seni dan budaya di Subang. Di antaranya, Titim Fatimah, Mang Parman (pencetus alat musik toleat), dan Zutrith Ajie.

Usep

BERBAGI