Beranda Politik HUT Subang Ke-69, Riza Hanafi Beri ‘Kado Kritis’ Ke Pemkab

HUT Subang Ke-69, Riza Hanafi Beri ‘Kado Kritis’ Ke Pemkab

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Peringatan HUT Kabupaten Subang ke-69 yang jatuh pada 5 April 2017 ini, mendapat tanggapan beragam dari kalangan masyarakat, baik tanggapan positif maupun kritis.
Salah satu tokoh pantura, M Riza Hanafi, misalnya, mengeluarkan pemikiran-pemikirannya, yang seolah merupakan ‘kado kritis’ untuk kemajuan Subang ke depan.

Tokoh yang disebut-sebut punya kans besar maju pada Pilkada 2018 ini, menyarankan, agar Plt Bupati, Imas Aryumningsih, harus mampu membawa jajaran birokrasi dari Eselon I sampai ke tingkat terbawah, untuk bekerja secara disiplin, semangat, transparan, dan akuntabel.

Pimpinan di semua level birokrasi pemerintah, harus memberi contoh yang baik, teladan, dan berintegritas, artinya satu kata dan perbuatan.

“Harus berani untuk terbuka, berupaya keras menegakkan disiplin pegawai, menjadi contoh dan panutan bagi bawahannya,”ujar Riza, kepada Jabarpress.com.

Menurut dia, Plt Bupati, sesuai dengan sumpah jabatannya, harus taat pada UUD 1945 dan aturan perundangan di bawahnya, dan menunjukkan baktinya kepada masyarakat, nusa, dan bangsa.

“Pemkab harus lebih responsif terhadap semua persoalan yang ada di Subang,”katanya.

Visi-misi dan program yang dijanjikannya dulu sewaktu kampanye, yakni memajukan dan menyejahterakan rakyat Subang, harus benar-benar dibuktikan oleh pemkab di bawah komando Plt Bupati, Imas Aryumningsih.

Selain menyampaikan ucapan selamat HUT Ke-69, tokoh pantura yang merupakan aktivis lingkungan hidup ini, juga mendoakan agar Subang bergerak menuju daerah yang maju dan rakyatnya sejahtera.

“Kita harus optimis, pemkab pasti mampu meningkatkan kinerja aparaturnya. Mari kita sama-sama berharap dan berdo’a, semoga dalam sisa pemerintahannya, pemkab mampu menunjukkan kehadirannya dalam setiap aspek kehidupan rakyat. Semoga pemkab mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik di semua bidang. Mulai bidang pendidikan, kesehatan, perizinan, kependudukan, pertanahan, infrastruktur, dan lain-lain sampai kepada masalah ketentraman dan ketertiban masyarakat,”bebernya.

Pemkab Harus Pro Nelayan dan UKM

Selanjutnya, Riza mengkritisi sejumlah langkah yang telah dilakukan pemkab di bawah komando Plt Bupati Imas Aryumningsih, dinilainya belum tercapai optimal.

“Pemerintah harus hadir dalam persoalan yang dihadapi oleh petani, nelayan, dan pembudidaya ikan. Pemkab harus berpikir dan berusaha keras untuk menciptakan lapangan kerja, mengupayakan pemberdayaan masyarakat, dan mendorong usaha kecil dan menengah (UKM),”jelasnya.

Kemudian, pemkab perlu memerkuat sektor sumber daya manusia (SDM) keagamaan, mengingat Subang merupakan kabupaten agamis, di mana tokoh agama tersebar hingga pelosok daerah.

“Jangan lupa juga pemberdayaan para ulama, kiyai, ajengan, ustadz, untuk diajak bersama-sama membangun masyarakat yang berakhlak mulia. Kemudian perlu diperhatikan juga masalah kepemudaan, pemberdayaan perempuan, serta ngamumule seni budaya dan olahraga,”pungkas Riza, yang pernah mencalonkan Pilkada Subang dari jalur perseorangan.

Red

BERBAGI