Beranda Nasional Anda Mencium Bau Kentut Busuk? Jangan Marah, Ini Manfaatnya

Anda Mencium Bau Kentut Busuk? Jangan Marah, Ini Manfaatnya

BERBAGI

Jabarpress.com-Biasanya, jika mencium atau menghirup bau kentut, orang pasti langsung menutup hidung, menghindar, bahkan marah-marah.
Orang yang kentutnya pun, sering malu dan kerap tidak mau mengaku dirinya kentut. Karena takut dianggap tidak sopan.

Tapi saat ini, Anda jangan marah dulu jika teman di sebelah Anda, pacar, atau pasangan Anda, kentut.

Malah, sebaiknya Anda mesti bersyukur, jika Anda, teman Anda, atau pasangan Anda kentut, apalagi jika kentutnya beraroma busuk.

Karena ternyata, aroma kentut yang tercium tak sedap di hidung, mendatangkan banyak manfaat untuk Anda.

Sebuah studi yang dilakukan Professor Dr Mark Wood dari Universitas Exeter, Inggris, dua tahun lalu, mengungkap, jika menghirup bau kentut yang beraroma busuk, punya manfaat untuk kesehatan.

Studi tersebut ingin mencari tahu, apakah benar aroma kentut yang terkadang tercium seperti telur busuk, tidak melulu dijadikan malapetaka atau bencana bagi yang menciumnya.

Hasilnya, para peneliti mendapati, bahwa gas hidrogen sulfida (racun tak berwarna beraroma mirip telur busuk, yang tak jarang muncul saat perut kembung) bisa dijadikan “obat” untuk mengobati penyakit.

“Meskipun gas hidrogen sulfida sangat tajam, berbau busuk, tapi itu secara alami diproduksi dalam tubuh. Dan sebenarnya bisa menjadi pahlawan kesehatan, bahkan terapi masa depan untuk berbagai penyakit,”ungkap Profesor Mark, dikutip dari situs The Week dan NBC News, seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (29/3/2017).

Mark menyebut, gas hidrogen sulfida yang bila dihirup dalam dosis yang tepat, punya kekuatan mengurangi risiko kanker, stroke, serangan jantung, dan demensia.

“Namun, menjadi berbahaya bila dalam dosis besar,”ucapnya.

Hasil penelitian yang telah dimasukkan dalam jurnal Medicinal Chemistry Communications ini, menyatakan, kentut dengan aroma telur busuk, merupakan tanda tubuh yang sehat.

Bau busuk tersebut berasal dari gas yang mengandung sulfur, seperti methanethiol, hidrogen, sulfida, dan dimethyl sulfida.

Sebab, aroma itu hadir dari bakteri yang ada di usus dan feses yang tertahan di rektum.

Namun, jika kentut berbau tak sedap terjadi terus menerus dalam sehari, ditambah Anda merasa tak enak badan, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter, karena kemungkinan ada masalah lain.

BERBAGI