Beranda Jabar Belajarnya ‘Ngadapang’, SMKN Baru Ini Habiskan Dana Pemprov Jabar Rp5 Miliar

Belajarnya ‘Ngadapang’, SMKN Baru Ini Habiskan Dana Pemprov Jabar Rp5 Miliar

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Warga Desa Manyingsal Kecamatan Cipunagara dan sekitarnya, kini tidak perlu jauh lagi mencari lokasi SMK Negeri, untuk meneruskan pendidikan anak-anaknya.
Saat ini, sebuah SMK Negeri sudah berdiri kokoh di wilayah desa tersebut, di atas lahan seluas satu hektare lebih.

Kades Manyingsal Kecamatan Cipunagara, H Solihin, menyebut, sudah mengusulkan rencana pendirian SMKN ini kepada Pemprov Jawa Barat, sejak bertahun-tahun lalu.

“Kami bersyukur, usulan itu akhirnya direalisasi oleh pemprov pada 2016 lalu,”ujar Solihin, kepada Jabarpress.com.

Saat ini, pembangunan fisik SMKN sudah tuntas, terdiri dari 12 lokal bangunan. Pembangunannya dibiayai APBD Pemprov Jabar Tahun 2016 senilai hampir Rp5 miliar.

“Anggarannya sekitar Rp4,8 miliar. Proses lelang pembangunannya pun dilakukan di provinsi,”katanya.

Minim Fasilitas, Siswa Belajar ‘Lesehan’

Selanjutnya, Solihin menyebut, SMKN ini membuka tiga jurusan, di antaranya pertanian dan tata busana, dengan jumlah siswa angkatan perdana sekitar 50 orang.

Kendati menghabiskan dana miliaran rupiah, namun hingga kini, proses belajar mengajar di SMKN tersebut masih berlangsung secara ‘lesehan’. Karena belum tersedia bangku atau kursi untuk belajar.

“Cuma memang, fasilitas dan perlengkapan belajar masih sangat minim, belum ada kursi, bangku maupun mebeuleur untuk belajar. Makanya untuk sementara, para siswa belajarnya ‘ngadapang’ (lesehan/duduk di lantai), karena belum ada bangku atau kursi,”pungkasnya.

Red

BERBAGI