Beranda Daerah Gula Aren Mang Utib, Oleh-oleh Favorit Pengunjung Curug Ciangin

Gula Aren Mang Utib, Oleh-oleh Favorit Pengunjung Curug Ciangin

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Kegiatan lingkungan hidup yang digelar di kawasan wisata Curug Ciangin Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, ternyata membawa berkah bagi Mang Utib, 65, warga setempat yang berprofesi sebagai pedagang gula aren.
Banyak pengunjung curug maupun pejabat Pemkab Subang, yang membeli oleh-oleh dari ‘Saung Panggulaan’ (warung gula) miliknya tersebut.

“Saya menjual gula aren di sini dengan harga Rp13.000 untuk yang ukuran setengah kilo, dan Rp15.000 untuk ukuran tujuh ons. Alhamdulillah, hari ini ‘marema’ (laris), karena kebetulan ada kegiatan di Curug Angin,”ujar Mang Utib, kepada Jabarpress.com.

Dia mengaku, berjualan gula aren setiap hari, terutama saat sedang banyak pengunjung.

“Saya jualan gula aren tiap hari, apalagi jika sedang banyak pengunjung karena sering jadi oleh-oleh para pengunjung. Cuma memang tidak tiap hari bisa terjual habis. Kalau nggak terjual, ya paling ada juga tetangga yang datang ke rumah, atau juga mereka beli cairan yang disebut air lahang, yaitu bahan membuat gula aren tersebut, sekedar minum menghangatkan tubuh,”paparnya.

Pohon Aren Jangan Sampai Musnah

Seorang petugas hansip Desa Cibeusi, Dayat, berharap, pohon aren di daerahnya jangan sampai musnah. Karena selama ini banyak warga menggantungkan mata pencahariannya dengan memanfaatkan pohon aren (kawung).

“Warga Cibeusi dan Cibitung, masih banyak yang mata pencahariannya  dari pohon aren. Karena pepohonannya juga masih banyak, maka jangan sampai banyak yang ditebang, karena nanti mata pencaharian kami terganggu,”timpalnya.

Dia menyebut, keberadaan areal wisata Curug Ciangin, diharapkan bisa mengangkat ekonomi warga, juga memelihara kelestarian lingkungan hidup.

“Meningkatkan pariwisata desa dan yang penting juga mengangkat ekonomi masyarakat kami. Kami berharap sekali setelah hampir setahun, Curug Ciangin makin dikenal. Sehingga ke depan, desa kami makin maju,”pungkasnya.

Red

BERBAGI