Beranda Daerah Bawa Agama Baru, Dosen Ini Mengaku Tuhan?

Bawa Agama Baru, Dosen Ini Mengaku Tuhan?

BERBAGI

Jabarpress.com, Mataram-Mengklaim membawa sebuah agama baru, Agama Angkasa Nauli (AAN), seorang dosen di Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabar Nababan, mengaku sebagai Tuhan.
Sontak, pengakuan Sabar sebagai Tuhan, yang ditulis di akun FB miliknya, menghebohkan jagat media sosial (medsos), bahkan menjadi viral.

Aparat berwenang dari Kepolisian Resort (Polres) Mataram pun bergerak cepat, mengusut kasus tersebut, dengan memanggil Sabar untuk dimintai keterangannya, Senin (20/3) kemarin.

Kendati belum ada proses hukum terhadapnya, pihak kepolisian tetap meminta Sabar untuk wajib lapor.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Sabar diduga mengidap skizofrenia atau kelainan mental jangka panjang.

“Kita mendapatkan surat dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB, yang isinya bahwa yang bersangkutan mengidap skizofrenia sejak 2015,”ujar Kapolres Mataram, AKBP Muhammad, dilansir Detikcom, Selasa (21/3/2017).

Pihaknya mengaku, akan terus memantau aktivitas Sabar terkait dengan pengakuannya sebagai Tuhan dan agama baru tersebut.

“Iya, kami pantau dan awasi terus kegiatannya, dikhawatirkan nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”tuturnya.

Hingga kini, sebut Muhammad, tidak ada kegiatan khusus yang menyangkut keagamaan di rumah Sabar. Sabar juga tidak memasang spanduk atau mengajak orang pindah ke ‘agama’ baru tersebut.

“Nggak ada spanduk. Orang juga nggak ada yang begitu peduli, hanya ramai di medsos saja,”ucapnya.

Diketahui, Sabar Nababan menghebohkan media sosial, terutama Facebook, karena mengaku sebagai Tuhan.

Dalam akun FB-nya, Sabar mengumumkan agama barunya, yakni Agama Angkasa Nauli (AAN). Nauli adalah sebuah marga di Sumatera Utara.

Sabar memiliki 4.496 teman di FB (Facebook). Foto profilnya adalah sebuah ‘logo’ Agama Angkasa Nauli (AAN) berupa tanda ceklist.

Postingan di statusnya banyak menyangkut soal agama. Dia mengaku sebagai Tuhan Jehowa. Ada juga statusnya “saya bukan manusia biasa”.

Dalam postingannya yang lain, Sabar mengaku diangkat sebagai Tuhan. Berikut statusnya yang di-posting pada Kamis (18/3) pukul 13.29 WIB:

“DIANGKAT MENJADI TUHAN: 

Sewaktu saya menjalani Puasa Juru selamat, Tuhan Jahowa berkata pada saya,”Sabar, maukah kamu menjadi Tuhan?”. Lalu saya menjawab, “Tuhan, … menjadi Tuhan itu berat dan rumit, … saya ingin menjadi anggota Bala Tentara Sorga saja jika sudah mati nanti. Saya memohon jadi Kepala Regu. Itulah keyakinan saya”. Tuhan Jahowa menawarkan untuk yang kedua kali, “Sabar,… maukah kamu jadi Tuhan?”. Saya menjawab, “Tuhan, … jadi Tuhan itu rumit dan berat,… apakah tidak ada nama yang lain selain Tuhan?” Tuhan Jahowa menjawab, “Tidak ada”. Tuhan Jahowa menawarkan untuk yang ketiga kali, “Sabar, … maukah kamu menjadi Tuhan?”. Lalu saya menjawab,”Ya Tuhan,… kehendakMulah yang jadi” Setelah saya selesai puasa, maka Tuhan Jahowa mengangkat saya menjadi Tuhan Juru selamat Dunia yang kedua dan Tuhan Pencipta di Jagad Raya.”

Status-status Sabar itu mendapat komentar dari banyak followernya. Ada yang menanggapinya sebagai penista agama, tidak sedikit yang menanggapinya dengan menertawakannya dan banyak pula yang menganggapnya gila.

Red

BERBAGI