Beranda Daerah 2017, SMP Darul Falah Subang Buka Program Khusus Atasi Anak Nakal

2017, SMP Darul Falah Subang Buka Program Khusus Atasi Anak Nakal

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Banyaknya keluhan orangtua di berbagai daerah terkait pergaulan anak remaja saat ini, disikapi serius oleh sekolah swasta SMP Darul Falah Desa Cimanggu Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Kepala SMP Darul Falah Bidang Kesiswaan Ahmad Yusuf, kepada wartawan. 

Dia menyebut, dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun 2017/2018, akan membuka program khusus untuk membantu pemerintah dalam meredam kenakalan remaja, dan program tersebut telah diuji 2 tahun lebih.

“Pengembangan program sekolah ini berbasis pesantren, berupa penambahan program belajar agama bagi para santri secara lebih intensif, lebih dari fullday, karena ada program tahajud, mandi subuh bagi anak-anak yang dianggap nakal, dan pendalaman teori praktek tentang shalat,”ungkapnya.

Menurut dia, siswa belajar di SMP Darul Falah punya keunggulan tersendiri, karena pendidikan karakter, sehingga siswa akan sangat menjunjung nasionalisme, namun tetap berakhlakul karimah.

“Sekolah biasa belajar kurikulum nasional plus kepesantrenan, yang membedakan adalah aspek amaliyah santri lebih berkarakter dan intensitas pengawasan anak lebih baik,”katanya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah, Kiai Ridwan, mengaku, sering mendapat laporan berupa informasi maraknya brutalitas remaja saat ini di kampung atau di kota.

“Zaman sekarang ada oknum-oknum pelajar mabuk, terlibat narkoba dan tawuran. Di pesantren, kami ciptakan kondisi para pelajar lebih stabil dengan meningkatkan kualitas pembelajaran shalat, itikaf teori dan praktek, sehingga mampu mencegah perbuatan tercela dan menjaga pergaulannya,”katanya.

Di tahun ini, ucap dia, yayasannya memiliki program unggulan untuk pendidikan SMP, di mana satu kelas hanya diperuntukkan bagi 25 orang, agar semua siswa bisa terbina.

“Programnya tentu kombinasi kurikulum nasional dan agama, plus pendidikan shalat, yang bisa meredam kenakalan remaja, namun tidak mengesampingkan aspek kecerdasan ilmiahnya,”tuturnya.

PSB Tahun Pelajaran 2017/2018 Terbatas

Ahmad Yusuf juga mengatakan, selaku panitia penerimaan siswa baru (PSB) khusus SMP tahun 2017 ini, memang berupaya menyelaraskan visi, misi dan target lembaga di sekolah berbasis pesantren ini.

“Ya tujuannya agar anak itu terdidik dan tersekolahkan, terdidik tentu punya adab dan kepekaan tinggi terhadap akhlak, tersekolahkan ya karena setiap anak harus selesai mengenyam pendidikan dengan bukti civil effect atau ijazah,”jelasnya.

Pada PSB tahun ini, pihaknya bakal menerima siswa baru dengan kuota terbatas, agar proses pendidikan dan pembelajaran berlangsung optimal serta memiliki dampak.

“Jangan banyak-banyak, 25 orang juga cukup. Karena kita mendidik bisa lebih intensif dan ‘kageroh’ (terkelola) secara baik. Bagi yang mau mendaftar, bisa via sms/telpon. Caranya, tulis nama calon siswa dan walinya, lalu hubungi nomor 085324809899,”pungkasnya.

(Adv/M Carmin)

BERBAGI