Beranda Daerah Belum Ditetapkan Sebagai Warisan, 200 Cagar Budaya Subang Terancam

Belum Ditetapkan Sebagai Warisan, 200 Cagar Budaya Subang Terancam

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Sedikitnya 200 lebih cagar budaya di Kabupaten Subang, terancam keberadaannya, akibat belum ditetapkan sebagai warisan budaya oleh pemerintah.

“Subang ini kaya dengan beragam peninggalan sejarah. Ada 200 lebih cagar budaya di sini. Tapi keberadaannya, belum ditetapkan sebagai warisan budaya,”ujar pakar sejarah, Lutfi Yondri, usai rakor penetapan cagar budaya di Wisma Karya, Subang.

Cagar budaya tersebut, di antaranya, berupa bangunan, situs, benda-benda, perkakas kuno, struktur dan kawasan cagar budaya, baik di darat maupun di air.

Banyaknya cagar budaya yang ditemukan, menjadikan Subang salah satu bagian dari mata rantai lintas sejarah nusantara.

Untuk mengamankan dan melestarikan keberadaan ratusan cagar budaya ini, dia bersama tim melakukan pendataan sejak 2015, dan secara bertahap, akan diajukan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya dan sejarah.

“Kami data cagar-cagar budaya itu, kami cek, selanjutnya akan kami rekomendasikan agar segera ditetapkan menjadi warisan budaya Subang. Keberadaannya (cagar budaya) harus dilestarikan, karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama. Untuk melestarikannya, tentu harus melalui proses penetapan,”paparnya.

Staf Seksi Cagar Budaya dan Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, Khadar Hendarsyah, berharap, ratusan cagar budaya tersebut, segera ditetapkan menjadi warisan budaya sejarah. Agar keberadaannya tidak terancam dan tetap lestari.

“Tentunya, ini harus segera ditetapkan sebagai warisan budaya,”imbuhnya. (Redaksi)

BERBAGI