Beranda Pendidikan Dianggap Tak Bernilai, Nasib Tugu Setum ‘Diujung Tanduk’

Dianggap Tak Bernilai, Nasib Tugu Setum ‘Diujung Tanduk’

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Nasib Tugu Setum yang berlokasi di pertigaan ruas jalan depan Lapas Subang, bakal segera berakhir.

Tugu yang didirikan di era mantan Bupati Ojang Sohandi dan sempat digadang menjadi ikon Kabupaten Subang ini, berencana diganti oleh Tugu Bejana Perunggu.

“Iya, nanti segera diganti,”kata Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih.

Dia menyebut, ikon Setum dalam bangunan tugu saat ini, tidak mengandung nilai budaya. Sehingga, layak diganti dengan ikon lainnya, yang lebih bermakna dan memiliki nilai historis ke-Subang-an.

“Rencananya, (Setum) akan diganti dengan tugu dari Bejana Perunggu. Sebab, bejana punya nilai budaya dan historis, yang berkaitan dengan perjalanan sejarah Subang,”tuturnya.

Dia mengaku, sudah melihat desain tugu yang akan segera dibangun menggantikan Tugu Setum. Kendati desainnya sederhana, namun sarat nilai budaya. Sehingga, keberadaannya bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang jadi diri Subang.

“Saya sudah liat desainnya bagus, cocok. Saya setuju, karena ada nilai budaya dan historisnya. Nanti, tugu ini bisa menjadi ikon Subang, sekaligus sarana menyampaikan nilai-nilai kepada warga, mengenai perlunya memahami jati diri orang Subang,”papar politikus Partai Golkar ini.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, Didin Mahpudin, mengaku, usulan mengganti ikon Tugu Setum dengan Bejana Perunggu, merupakan langkah awal untuk menyosialisasikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat.

“Memang, saya mengusulkan perubahan Tugu Setum menjadi tugu yang lebih bernilai budaya Subang. Kami juga, akan mengusulkan untuk membangun ikon-ikon lainnya di tempat-tempat umum, yang mencerminkan nilai-nilai budaya maupun sejarah Subang,”imbuh Didin. (Redaksi)

BERBAGI