Beranda Daerah Didukung ‘Wong Deso’, Ketua Apdesi Subang Siap Maju Pilkada?

Didukung ‘Wong Deso’, Ketua Apdesi Subang Siap Maju Pilkada?

BERBAGI
illustrasi logo

Jabarpress.com, Subang-Menjelang pilkada serentak Kabupaten Subang pada 2018 mendatang, sejumlah figur bermunculan dan dikabarkan siap bertarung merebut kursi bupati/wakil bupati.

Selain sosok Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih, figur-figur yang bermunculan, kebanyakan didominasi dan berasal dari kalangan elit parpol (partai politik).

Namun, di luar tokoh-tokoh parpol atau yang mengaitkan diri ke parpol, terdapat sejumlah figur non partisan, yang ramai dibincangkan masyarakat bakal maju pada pemilukada.

Di antaranya, Ketua DPC Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Subang, Lili Rusnali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Lili Rusnali, yang menjabat Kades Tegalurung Kecamatan Legonkulon ini, memeroleh dukungan cukup signifikan dari kalangan ‘wong deso’, seperti para kades, perangkat desa, dan sejumlah tokoh masyarakat.

“Memang, kami dengar kabar Pak Lili Apdesi mau maju di pilkada. Kalau benar, itu layak diapresiasi. Sebagai sesama perangkat desa, kami siap mendukung,”ujar seorang kades di Kecamatan Cipunagara, yang minta identitasnya dirahasiakan.

Pihaknya beralasan, selama ini, sosok-sosok yang berkompetisi pada pilkada, lebih didominasi elit atau kader parpol. Sementara sosok non parpol, terlebih yang berasal dari atau mewakili perangkat desa, nyaris tidak ada.

“Kalau kades yang nyalon di legislatif (caleg DPRD) kan banyak. Beberapanya sukses (terpilih) jadi anggota DPRD. Tapi kalau di pilkada, setahu saya, belum ada kades yang nyalon (bupati atau wabup). Kebanyakan (yang nyalon) elit atau kader partai, jenuh lihatnya,”tuturnya.

Dirinya bersama sejumlah kades dan perangkat desa lainnya, bertekad mendukung pencalonan Ketua Apdesi tersebut, karena dipandang mewakili kalangan masyarakat pedesaan.

“Kami yakin, beliau bisa perjuangkan aspirasi desa, perangkat desa, juga masyarakat di pedesaan. Makanya, sebagai sesama kades, kami bakal dukung. Karena, sampai sekarang, belum ada calon yang mewakili aspirasi para kades,”katanya.

Tokoh warga sekaligus aktivis Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Asep HD, menyebut, munculnya sosok Ketua Apdesi, Lili Rusnali, dalam bursa pilkada, merupakan fenomena alternatif, di tengah dominasi pencalonan dari kalangan elit atau kader parpol.

“Hemat saya, ini bisa jadi alternatif. Kan jarang-jarang ada kades berani maju pilkada. Seingat saya, pada pilkada 2008, sempat ada kades di Blanakan ramai mau nyalon. Malah sampai pasang spanduk dimana-mana, tapi enggak jadi. Kalau sekarang muncul lagi dari kalangan kades maju pilkada, itu kompetitif, basis dukungannya jelas,”timpalnya.

Redaksi

BERBAGI