Beranda Daerah Pemprov dan Tiga Kabupaten Teken Pelayanan Tera & Pengawasan Metrologi 

Pemprov dan Tiga Kabupaten Teken Pelayanan Tera & Pengawasan Metrologi 

BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan tiga kabupaten, yakni Purwakarta, Subang, serta Karawang (purwasuka), meneken perjanjian bersama tentang Pelayanan Tera, Tera Ulang dan Pengawasan Metrologi Legal.
Perjanjian yang berlangsung di Gedung Sate, Jalan Diponegoro No. 22 Bandung, tersebut, memastikan jika Pelayanan Tera, Tera Ulang, dan Pengawasan Metrologi Legal, yang semula merupakan urusan pemerintah provinsi, beralih menjadi urusan pemerintah kabupaten/kota.

Pengalihan kewenangan ini, merujuk pada ketentuan Pasal 12 Ayat 3 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dengan berpindahnya kewenangan, diharapkan tidak menghambat pelayanan Tera Ulang, karena belum semua kabupaten/kota sanggup mengadakannya,”ujar Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

Dia menyebut, pada prinsipnya, pengalihan kewenangan bertujuan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait standardisasi dan perlindungan terhadap konsumen. Konsekuensinya, setiap kabupaten/kota wajib memiliki Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal.

“Karena saat ini di Jawa Barat baru ada 5 UPTD yang melayani Tera Ulang, maka kami mengharapkan agar ada kerja sama antar daerah,”katanya.

Gubernur mengimbau, perpindahan kewenangan jangan sampai ditunda karena alasan ketidaksiapan. Sebab, penundaan berarti melanggar UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Karena kantor Tera Ulang baru ada 5, kami minta daerah yang sudah punya kantor seperti Karawang, agar bisa membantu daerah terdekat yang belum memiliki, seperti Subang dan Purwakarta,”tegasnya.

Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih, mengaku, akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Karawang, untuk melaksanakan pelayanan metrologi legal atau tera ulang.

“Sebab, sementara ini, baru Karawang saja yang sudah punya kantor tera ulang. Karena itu, Subang bersama Purwakarta pasti bekerjasama dengan Karawang,”imbuhnya.

 (Redaksi)

BERBAGI