Beranda Jabar Kelurahan Soklat Jadi Pelopor Kampung Bersih

Kelurahan Soklat Jadi Pelopor Kampung Bersih

BERBAGI

Jabarpress.com, Subang – Kelurahan Soklat menjadi pelopor gerakan kampung bersih di wilayah Subang. Hal tersebut tentunya mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk Plt Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih.

Menurut Imas dengan dipeloporinya kegiatan bersih lingkungan masyarakat Kelurahan Soklat dengan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Subang dapat segera ditiru oleh kelurahan dan desa-desa lain di Subang. 

“Iya, ini merupakan kegiatan yang bagus dan harus diapresiasi. Kalau sudah bersih dan indah, mau diapakan juga bisa. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan sekaligus. Mendukung program pemerintah seperti peraihan Adipura,” kata Imas, Minggu, (5/2/2017). 

Imas yang ditemui disela-sela blusukan di RT 26 RW 10 Kelurahan Soklat, Kecamatan Subang itu, mengatakan kegiatan bersih-bersih seperti yang dilakukan ini pada dasarnya untuk terrciptanya lingkungan yang asri dan indah. Maka dari itu, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini jangan hanya seremonial tapi dibudayakan oleh semua masyarakat. 

“Masyarakat yang lain harus mengikuti, karena ini merupakan program yang bagus. Jangan lupa juga kita kan punya program Gapura Serasi. Sehat Rapi dan Indah. Kebersihan juga diajarkan dalam agama Islam, sebagai bagian dari iman,” katanya.

Lurah Soklat Sumardi, mengatakan kegiatan bersih-bersih ini menurutnya adalah kegiatan rutin yang sudah biasa dilakukan warga Kelurahan Soklat.

“Tetapi ini digalakan lagi lebih dari biasanya sehingga membudaya, warga yang tadinya tidak ikut jadi ikut kegiatan di RW nya masing-masing,” ujar Sumardi. 

Ada sebanyak 16 RW yang ada di lingkup Kelurahan Soklat. Saat hampir sudah terlihat semua RW bergerak berlomba menjadi yang terbersih.

“Ke depan, Setiap pekan akan diperiksa setiap RW mana yang paling konsisten,” katanya. 

Menurut Sumardi, ada kriteria yang dijadikan patokan untuk penilaian RW mana yang terbaik.

“Program ini kita galakan, supaya semua warga termotivasi untuk membuat lingkungannya bersih dan indah,” pungkasnya.

BERBAGI