Beranda Hukum Lagi, Polda Jabar Gelar Perkara Kasus Dugaan Ijazah Palsu Bupati Imas Aryumningsih

Lagi, Polda Jabar Gelar Perkara Kasus Dugaan Ijazah Palsu Bupati Imas Aryumningsih

710
0
BERBAGI

Jabarpress.com, Bandung-Polda Jawa Barat kembali melakukan gelar perkara kasus dugaan penggunaan ijazah palsu Bupati Subang, Imas Aryumningsih, hari ini, Senin (4/12/2017) di Mapolda Jabar.

Gelar perkara ini merupakan yang ketiga kalinya yang dilaksanakan Polda Jabar. Sebelumnya, gelar perkara pertama berlangsung 22 Agustus 2017, dan gelar perkara kedua pada 24 Oktober 2017 lalu.

“Insya Alloh mas, (gelar perkara) ini sudah terjadwal jam 09.00 WIB,” ujar Kabag Pengawasan Penyidikkan (Wasidik) Polda Jabar, AKBP Zaerusi, saat dikontak Jabarpress.com.

Kuasa hukum pelapor kasus dugaan ijazah palsu, Endang Supriadi, mengaku heran, gelar perkara kasus ini bisa berlangsung berkali-kali, bahkan sampai tiga kali.

“Dugaan pemalsuan ijazah ini kan termasuk kasus ringan, seharusnya satu kali gelar perkara juga cukup. Ini sampai berkali-kali, sekarang yang ketiga kalinya, ini aneh,” papar Endang.

Dia menegaskan, jika hasil gelar perkara tersebut memutuskan kasus dihentikan penanganannya, pihaknya akan melaporkan langsung kepada Mabes Polri.

“Kita lihat nanti perkembangannya, kalau hasil gelar perkaranya kasus itu dihentikan, atau tidak jelas kelanjutannya, kami akan lapor ke Mabes Polri,” tegas Ketua LBH Bhinneka Nusantara ini.

Sementara, Bupati Subang Imas Aryumningsih, menegaskan, membantah tudingan ijazah miliknya palsu. Bahkan, dia akan segera melaporkan balik pelapor kasus itu, kepada aparat kepolisian.

“Ya pasti secepatnya saya laporkan balik (pelapor) ke polisi,”ujar Imas.

Pihaknya beralasan, pelaporan balik harus dilakukan, karena tuduhan soal ijazah yang disampaikan pelapor tersebut, tidak benar.

“Ijazah saya kan enggak ada masalah,”pungkas politikus Partai Golkar ini.

Sebelumnya diberitakan, kasus dugaan ijazah palsu Bupati Subang Imas Aryumningsih, resmi dilaporkan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar. Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum pelapor, Endang Supriadi.

“Benar, kami sudah melaporkan kasus dugaan ijazah palsu Imas Aryumningsih ke Polda, beberapa waktu lalu. Sekarang sedang proses penyelidikkan oleh Polda,”ujar Endang, saat dikontak Sabtu (15/7/2017) silam.

Dia menuturkan, Polda sudah meminta keterangan dari tiga orang, berkaitan dugaan ijazah palsu tersebut, yakni Warlan selaku pelapor, serta dua saksi pelapor, masing-masing Irwan Yustiarta dan Amri Malau.

“Semua dokumen dan bukti-bukti yang diperlukan, sudah kami serahkan kepada penyidik Polda, termasuk salinan ijazah pembanding keluaran tahun 1969,”ungkapnya.

Endang mengklaim, kliennya mengantongi sejumlah bukti kuat yang mengindikasikan, jika ijazah yang dimiliki Bupati Imas Aryumningsih, palsu.

Di antaranya, Surat Keterangan SMA 1 Cimahi, yang menyatakan ijazah tersebut dikeluarkan panitia ujian penghabisan yang dilakukan di Cimahi.

(Usep)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here