Beranda Daerah Manajemen PT Dean Shoes Karawang Bantah Pekerjakan Tenaga Medis Tak Punya SIP

Manajemen PT Dean Shoes Karawang Bantah Pekerjakan Tenaga Medis Tak Punya SIP

97
0
BERBAGI

Jabarpress.com, Karawang-Manajemen PT Dean Shoes membantah tudingan Dinas Kesehatan Karawang ihwal dugaan  mempekerjakan dokter dan tenaga medis yang tidak memiliki surat izin praktik (SIP).

“Itu tidak benar, karena tenaga medis kami sudah mempunyai surat izin praktik,” kata Mr. Daniel Tseng, Manager PT Dean Shoes, dalam keterangan persnya.

Dia menyampaikan, berkaitan dengan pelayanan kesehatan tenaga kerja, pihaknya sudah memiliki dokumen yang diperlukan, pengesahannya sudah dilakukan oleh pihak Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat dengan no 560/Kep.882/BP2K-Wil.II/2017 tertanggal 02 November 2017.

Dasar regulasi yang menjadi acuan untuk pelayanan kesehatan tenaga kerja adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 03/Men/1982, tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.

Karena saat ini PT Dean Shoes tidak membuka klinik untuk dikomersilkan, maka tidak harus menempuh pembuatan izin klinik. Meski demikian, pihaknya juga saat ini tengah menempuh proses perizinan klinik.

“Kalau untuk izin klinik, proses perizinannya kami sedang menempuh. Tapi nggak tahu kenapa pihak dinas perizinan (DPMPTSP), seolah mempersulit,” keluhnya.

Bukan hanya itu, kata Daniel, anggota DPRD Karawang komisi D juga sekitar satu minggu lalu melakukan kunjungan ke PT Dean Shoes.

Dalam kunjungan tersebut memang ada salah satu dewan yang mempertanyakan kenapa Klinik PT Dean Shoes tidak dilanjutkan kontrak kerjasamanya dengan pihak RS Fikri.

Dia sendiri menyampaikan alasannya, yaitu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap para karyawan. Sementara belum memiliki klinik, pihaknya menggunakan pelayanan kesehatan tenaga kerja yang sudah disahkan oleh Balai Pelayanan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II.

“Setelah saya menyampaikan alasannya dewan juga mengerti. Bahkan sebelum pulang, dewan memberikan plakat kepada kami sambil ngomong, kami (dewan) akan mendukung keberadaan PT Dean Shoes,” beber Daniel sambil menirukan pernyataan salah satu anggota dewan.

Lain dari itu, dia menyampaikan, tudingan  yang disampaikan okeh pihak Dinas Kesehatan dan segala sesuatu yang membuat pihak Dean Shoes tidak nyaman menjadi catatan tersendiri.

Bahkan perusahaan asal Taiwan itu mulai berfikir untuk pindah dari Karawang jika kondisi ketidaknyamanan itu terus dirasakan oleh pihaknya.

“Kami (manajemen) harus mempertahankan (tetap di Karawang) karena ada 8000 karyawan yang bekerja disini. Apalagi mereka kebanyakan orang sini (Karawang),” pungkas Dean.

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here