Beranda Politik Dituding Perlambat Pengisian Wabup, Ini Alasan DPRD Kembalikan Surat Rekomendasi ke Bupati

Dituding Perlambat Pengisian Wabup, Ini Alasan DPRD Kembalikan Surat Rekomendasi ke Bupati

343
0
BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-DPRD Kabupaten Subang mengembalikan berkas surat rekomendasi berisi nama-nama Calon Wakil Bupati (Cawabup) sisa masa jabatan 2013-2018, kepada Bupati Imas Aryumningsih.

Pengembalian surat tersebut, merupakan hasil rapat pimpinan (rapim) Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati antar waktu, yang dibentuk oleh DPRD Subang.

“Hasil rapim itu, kita sepakat mengembalikan lagi (surat usulan wabup) kepada bupati. Nanti oleh bupati, surat itu diserahkan ke masing-masing partai pengusung,” ujar Wakil Ketua DPRD, Hendra Purnawan.

Hendra yang merupakan politikus Partai Golkar ini beralasan, pengembalian surat dilakukan untuk menyesuaikan dengan mekanisme Undang-undang.

Karena UU mensyaratkan bahwa pengisian wabup harus berjumlah dua orang. Sementara jumlah nama yang diusulkan atau direkomendasikan bupati sebanyak tiga orang, yakni H Ating Rusnatim dan Ujang Yusuf dari PDIP, serta HA Kosim dari Partai Golkar.

“Karena yang diusulkan ada tiga orang, sehingga DPRD berkewajiban untuk mengembalikan lagi surat tersebut kepada bupati, untuk nanti diserahkan ke masing-masing partai pengusung,” paparnya.

Bantah Perlambat Proses Pengisian Wabup

Menanggapi informasi yang beredar, jika pengembalian surat tersebut merupakan upaya memperlambat pengisian jabatan wabup, karena dikabarkan Bupati Imas Aryumningsih tidak menginginkan adanya wabup, Hendra membantahnya.

Menurutnya, hal tersebut lebih disebabkan belum adanya ‘kesepakatan politik’ antara PDIP dengan Partai Golkar.

“Oh tidak begitu. Justru ini lemahnya ada di komunikasi antara Golkar dan PDIP. Kami, Partai Golkar, belum ada titik temu soal pengusulan wabup ini,” pungkas Hendra.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Bupati sisa masa jabatan 2013-2018, PDIP merekomendasikan H Ating Rusnatim dengan pendamping Ujang Yusuf. Sedangkan Partai Golkar merekomendasikan HA Kosim yang merupakan anggota DPRD dari Fraksi PDIP.

(Usep)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here