Beranda Daerah Bawaslu Berwenang Batalkan Paslon Peserta Pilkada

Bawaslu Berwenang Batalkan Paslon Peserta Pilkada

65
0
BERBAGI

Jabarpress.com, Subang-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memiliki kewenangan membatalkan pasangan calon (Paslon) kepala daerah/wakil kepala daerah, jika memang terbukti ‚Äémelakukan pelanggaran. Kewenangan ini sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Hermanus Koto, menyebut, pasangan calon bisa dibatalkan jika terbukti melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif. Pembatalan diputuskan dalam mekanisme persidangan administrasi.

“Kita ada namanya proses peradilan administrasi, kemudian ada pelapor, terlapor lalu dibuktikan saksi terus ada saksi ahli. Sebagaimana persidangan saja,” ujar Herminus, usai memberikan materi pada acara Fokus Grup Diskusi (FDG) UU Nomor 17 Tahun 2017, Kamis (23/11/2017).

Hasil persidangan itu harus dijalankan oleh KPU sebagai penyelenggara administrasinya. Kekuatan hukumnya tetap.

“Kalau keputusan administrasi itu mengikat,” katanya.

Ketika ditanyakan mengenai pengawasan terhadap kampanye hitam yang dilakukan pihak-pihak pendukung, Hermanus menyatakan belum ada tim yang khusus mengawasinya.

Karena untuk mengawasinya perlu peralatan yang cukup. Terlebih pihaknya tidak diberikan kewenangan untuk melakukan sadapan.

“Karena itu memerlukan peran aktif dari masyarakat untuk memantau jalannya pemilu,” pungkasnya.

(Usep)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here